Perawatan Shock Becker Secara Berkala Perlu Di Perhatikan
SHOCKBREAKER PUN PERLU DIRAWAT
Pada dasarnya, sobreker dirancang untuk umur pemakaian yang lama.Tapi awet tidaknya SHOCKBREAKER lebih tergantung dari cara pemakaian dan perawatan pemilik sepeda motor. ‘’Seperti komponen lain, pemakaian dan perawatan SHOCKBREAKER perlu diperhatikan’’GANTI OLIAda beberapa faktor utama penyebab kerusakan shockbreaker. Muatan terlalu berat, misalnya berboncengan 3 orang atau mengangkut beban berat. Faktor lain adalah pemakaian kendaraan secara kasar, misalnya dengan melewati polisi tidur atau jalan tidak rata pada kecepatan tinggi. Kotoran seperti debu atau tanah yang menempel pada shockbreaker juga menjadi penyebab kerusakan terutama untuk shockbreaker tipe telanjang (tampa pelindung debu/dust cover).
Pada dasarnya, sobreker dirancang untuk umur pemakaian yang lama.Tapi awet tidaknya SHOCKBREAKER lebih tergantung dari cara pemakaian dan perawatan pemilik sepeda motor. ‘’Seperti komponen lain, pemakaian dan perawatan SHOCKBREAKER perlu diperhatikan’’GANTI OLIAda beberapa faktor utama penyebab kerusakan shockbreaker. Muatan terlalu berat, misalnya berboncengan 3 orang atau mengangkut beban berat. Faktor lain adalah pemakaian kendaraan secara kasar, misalnya dengan melewati polisi tidur atau jalan tidak rata pada kecepatan tinggi. Kotoran seperti debu atau tanah yang menempel pada shockbreaker juga menjadi penyebab kerusakan terutama untuk shockbreaker tipe telanjang (tampa pelindung debu/dust cover).
Agar shockbreaker lebih awet, hindari membawa beban berlebih dan lambatkan laju sepeda motor saat melewati jalan bergelombang atau polisi tidur. Untuk shockbreaker belakang, disarankan untuk membersihkan kotoran atau debu jalanan yang menempel. Caranya?
Bersihkan rod terutama pada celah karet stopper dengan semprotan angin (compressor) atau kuas. Kotoran pada celah karet stopper bisa merusak oil seal atau menyebabkan rod baret, yang mengakibatkan kebocoran.
Bersihkan rod terutama pada celah karet stopper dengan semprotan angin (compressor) atau kuas. Kotoran pada celah karet stopper bisa merusak oil seal atau menyebabkan rod baret, yang mengakibatkan kebocoran.
Khusus shockbreaker depan, disarankan mengganti oli setiap 50.000 Km dengan oli yang direkomendasi pembuat sepeda motor yang memiliki kekentalan tertentu, anti busa, dan sifat-sifat lain yang diperlukan untuk memaksimalkan kinerja sokbreker. Bisa dibeli di AHASS.
Caranya, cuci bagian dalam shockbreaker dengan minyak tanah. Pastikan shockbreaker kosong dan bersih. Pakai gelas ukur volume oli sesuai tipe sepeda motor. Saat memasang tutup atas. shockbreaker harus ditarik dulu (panjang maksimum).
Bila tips pemakaian dan perawatan dilakukan dijamin sokbrekernya bisa ajrut-ajrutan lebih lama.
Berikut kami sampaikan tabel ukuran penggantian oli Shokbreker Sepeda Motor Honda.
Type Sepeda Motor Honda Ukuran
- Grand/Impressa………………………………52 ml
- Suprax/ Fit……………………………………..64 ml
- Supra X 124/Fit S/X……………. ………..72 ml
- Revo……………………………………………..72 ml
- Kharisma……………………… ……………….68 ml
- Kirana…………………………………………..70 ml
- Vario…………………………………………….75 ml
- Beat……………………………………………..76 ml
- GL100/125…………………………………… 80 ml
- Win………………………………………………81 ml
- GL Pro /Max……………………………………..157 ml
- New Mega Pro…………………………………..163 ml
- Mega Pro………………………………………….159 ml
- Tiger…………………………………………………126 ml
- New Tiger………………………………………….135 ml
- CS 1………………………………………………..54,5 ml
- Blade……………………………………………….65,5 ml
- New Revo 110…………………………………..65,5 ml
ConversionConversion EmoticonEmoticon